Kamis, 30 April 2009

CID-IRS

. Kamis, 30 April 2009

Selayang pandang: Criminal Investigation Division (CID) – Internal Revenue Service (IRS) di Amerika Serikat
============================================
Tanpa bermaksud melebih-lebihkan organisasi di negara lain, tulisan ini hanya bermaksud memberikan inspirasi setidaknya informasi yang mungkin berguna bagi sidang pembaca blog ini. Selamat membaca.

A. Sejarah
Criminal Investigation Division (CID) – Internal Revenue Service (IRS) di Amerika Serikat didirikan pada tanggal 1 Juli 1919. Awalnya enam orang inspektur kantor pos di AS dipindahkan ke Bureau of Internal Revenue sebagai agen khusus yang pertama
sebagai cikal bakal berdirinya CID di IRS. Tugas awal mereka adalah sebagai Unit Intelijen yang kemudian berkembang pesat setelah mendapat pelatihan yang intensif dan memiliki dedikasi yang tinggi, sehingga dikemudian hari unit CID dikenal memiliki penyidik finansial yang terbaik di dunia.
Unit Intelijen tersebut kemudian lebih dikenal karena memiliki kemampuan di bidang investigasi keuangan, terlebih pada tahun 1930-an setelah mereka berhasil menangkap dan memenjarakan mafia nomor wahid pada masa itu yaitu : Al Capone, atas tuduhan penggelapan pajak penghasilan dan peranan anggotanya dalam pengungkapan kasus penculikan anak dari Lindbergh. Selanjutnya Unit Intelijen tersebut semakin diakui keberhasilannya dalam pengungkapan kasus-kasus penggelapan pajak yang dilakukan baik oleh warga negara biasa, pengusaha terkenal, pejabat pemerintahan hingga tokoh-tokoh kriminal yang terkenal.
Pada bulan Juli 1978, Unit Intelijen tersebut diubah namanya menjadi Criminal Investigation (CI). Selanjutnya, kewenangan dari CI meluas hingga termasuk kasus-kasus pencucian uang dan pelanggaran mata uang (currency) sebagai tambahan kewenangan disamping penyidikan atas penggelapan pajak. Bagaimanapun juga, peranan inti dari CI tidak berubah yaitu memenuhi peranan penting dalam menjamin integritas dan keadilan dari sistem perpajakan nasional di AS.
Sebagai catatan akhir, sejak berdiri pada tahun 1919 hingga kini, angka keberhasilan dalam penuntutan oleh CI tidak pernah dibawah 90 persen. Prestasi tersebut merupakan angka tertinggi yang tidak pernah dapat disaingi oleh lembaga penegak hukum federal lainnya di AS.

B. Organisasi dan Sumber Daya Manusia
Kantor Pusat:
1111 Constitution Ave NW
Room 2501
Washington, DC 20224
Manajemen:
Eileen C. Mayer, Chief, Criminal Investigation

CI di IRS memiliki 4.400 pegawai yang tersebar di seluruh dunia, 2.800 orang diantaranya adalah agen khusus yang memiliki kewenangan di bidang perpajakan, pencucian uang dan Bank Secrecy Act. Sementara agen-agen federal lainnya juga memiliki kewenangan di bidang pencucian uang dan pelanggaran Bank Secrecy Act, IRS dikenal sebagai satu-satunya organisasi lembaga federal yang dapat melakukan penyidikan atas potensi tindak pidana perpajakan.
Seperti halnya dengan Indonesia, tingkat kepatuhan dari Wajib Pajak di AS atas peraturan perpajakan sangat mengandalkan pada sistem self-assessment. Inilah yang disebut kepatuhan sukarela (voluntary compliance). Ketika seseorang atau organisasi secara sengaja memutuskan untuk tidak patuh terhadap hukum (aturan), maka mereka harus berhadapan dengan pemeriksaan publik atau penyidikan kriminal yang dapat mengakibatkan pada penuntutan dan kemungkinan penahanan. Publikasi atas penuntutan tersebut dapat memberikan deterrent effect yang dapat meningkatkan voluntary compliance.

Sebagai penyidik finansial, agen-agen khusus dari CI memenuhi kebutuhan unik dalam komunitas penegakan hukum federal di AS. Skema-skema yang canggih dan kompleks yang ada sekarang ini untuk merugikan keuangan negara membutuhkan kemampuan analitis dari para penyidik finansial yang melingkupi seluruh dokumen tertulis (hardcopy) serta catatan keuangan secara komputerisasi (informasi/transaksi elektronik) atau softcopy.
Sehubungan dengan adanya otomatisasi dari transaksi atau catatan keuangan, para agen khusus dari CI telah dilatih untuk dapat menangani alat bukti berupa data elektronik. Selain kemampuan dibidang penyidikan finansial, para agen khusus menggunakan teknologi forensik untuk melakukan prose “recovery” data keuangan yang mungkin di-enkripsi, dilindungi dengan password, atau disembunyikan atau dihapus.

C. Misi dan Strategi

Misi
Investigasi Kriminal (Criminal Investigation (CI)) melayani publik/masyarakat di Amerika Serikat melalui penyidikan atas potensi tindak pidana perpajakan sesuai undang-undang perpajakan dan kejahatan finansial yang terkait dengan tujuan peningkatan kepercayaan atas sistem perpajakan dan kepatuhan terhadap hukum perpajakan).

Prioritas Strategi:
Rencana strategi dari CI terdiri atas tiga program yang terkait antar satu dan lainnya, yaitu:
1. Legal Source Tax Crimes;
2. Illegal Source Financial Crimes; and
3. Narcotics Related Financial Crimes.

Ketiga program tersebut saling mendukung satu sama lainnya dan mendukung penerapan dari seluruh wewenang yang dimiliki oleh CI, proses penjurian di AS, teknik-teknik penegakan hukum untuk memerangi pelanggaran di bidang perpajakan, pencucian uang dan mata uang. CI harus melakukan penyidikan dan membantu dalam proses penuntutan dalam penyidikan finansial yang bertujuan memberikan deterrent effect yang maksimal, meningkatkan kepatuhan dari seluruh Wajib Pajak , dan mendukung kepercayaan publik atas sistem perpajakan di AS.

Sebagai penutup tulisan ini diperoleh informasi bahwa pada tahun fiskal 2007, CI telah melakukan 4.600 penyidikan. Angka tersebut merupakan angka tertinggi selama tujuh tahun terakhir dan mengalami peningkatan sebanyak 50 persen dibandingkan tahun fiskal 2002. Individu yang menjadi tersangka pada tahun fiskal year 2007 berjumlah 2.155 orang.

Andri P. Heriyanto

2 komentar:

htaraja mengatakan...

bung andre.. apakah maksudnya kira kira departemen keuangan atau ditjen pajak harus membentuk unit seperti ini?

aph.4nc mengatakan...

Sebetulnya perwujudan dari CID di Indonesia ada pada Direktorat Intelijen dan Penyidikan (Dit.Indik) Direktorat Jenderal Pajak. Sekarang ini lebih cocok kalau kita meningkatkan kemampuan penyidik di Dit.Indik sebagai financial investigator dengan kemampuan spesifik berupa accounting forensik dan audit investigatif.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar