Rabu, 29 April 2009

kasus kasus penyidikan

. Rabu, 29 April 2009

Pegawai Pajak Terlibat
Jawa Pos, 3 Juni 2008


Dalam Penggelapan Pajak Tiara Dewata

DENPASAR - Ibarat jeruk makan jeruk, tim penyidik yang diberi amanat menangani kasus dugaan penggelapan pajak Tiara Dewata Group, malah membidik pegawai pajak sendiri. Terutama para pegawai Kanwil Pajak Bali yang bertugas menerima Surat Pembayaran Tahunan (SPT) dari Tiara Dewata Group.


"Tim kita terus bekerja, saat ini masih dalam tahap pembuatan BAP (berita acara pemeriksaan)," kata Kabid Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak (P4) Kanwil Pajak Bali Haryono, kemarin. Pejabat pajak yang ditunjuk sebagai ketua tim penyidik kasus Tiara Dewata ini tidak membantah bahwa selain pejabat Tiara, yang dimasukkan dalam BAP saat ini adalah pegawai pajak sendiri. "Ya teman-teman pajak sendiri juga kita masukkan dalam BAP," tandasnya.

Berapa jumlah pegawai pajak yang di masukkan BAP? Sayangnya, untuk urusan yang satu ini tim penyidik masih sangat tertutup. Haryono mengatakan, belum bisa mengungkapkan sekarang. "Saya janji, nanti kalau penyidikan sudah rampung, kasus ini bakal saya gelar di hadapan media. Tapi untuk saat ini saya belum bisa," kilahnya.

Proses penyidikan yang dilakukan tim Kanwil Pajak Bali yang di-back up penyidik pajak pusat ini memang terkesan sangat tertutup. Bahkan Haryono juga enggan menyebutkan siapa saja petinggi Tiara Dewata yang telah dibidik menjadi calon tersangka. "Belum kita belum sampai ke sana," tandasnya.

Sejauh ini, para petinggi Tiara Dewata Group yang terlibat aksi ngempang pajak itu juga belum diperiksa. Haryono mengatakan, timnya baru memeriksa para karyawan Tiara Dewata yang bersentuhan dengan keuangan. "Jumlah pastinya saya tidak hafal. Karena saya baru datang dari Jakarta. Yang jelas, karyawan bagian kasir, akunting, dan beberapa suplayer sudah kita panggil untuk dimintai keterangan," kata Haryono.

Kendati berjalan lambat dan sangat tertutup, namun Haryono optimistis timnya mampu menyelesaikan kasus tersebut dalam rentang waktu dua bulan. Itu sesuai dengan target yang pernah diungkapkan beberapa waktu lalu. "Mudah-mudahan, dalam dua bulan ini kasus Tiara Dewata bisa kita limpahkan ke Kejaksaan," harap lelaki dengan tampilan kalem itu.
===================================================================================

mari kita diskusikan, apakah pegawai pajak yang masuk dalam BAP merupakan indikasi bahwa petugas pajak terlibat dalam konspirasi ?????

===================================================================================

Ada Delapan Tersangka dari Tiara Dewata
Harian Kontan, 17 Mei 2008


Penyidik pajak mengejar kepatuhan konglomerat daerah

JAKARTA. Aparat pajak akhirnya meningkatkan pemeriksaan menjadi penyidikan terhadap kelompok usaha Tiara Dewata Grup (TDG) di Denpasar Bali. Aparat pajak sudah menetapkan delapan tersangka, yang sebagian besar adalah pengurus perusahaan, baik direksi maupun komisaris. Adalah Direktur Intelejen dan Penyidikan Pajak, Muchamad Tjiptardjo yang menegaskan peningkatan status menjadi penyidikan itu, Jumat (16/5) di Jakarta.

Sementara Kepala Sub Direktorat Intelejen Pajak Pontas Pane menjelaskan, Direktorat Jenderal Pajak telah menyerahkan sepenuhnya penyidikan kasus ini kepada bagian Pemeriksaan, Penyidikan dan Penagihan Pajak, (P4) Kantor Wilayah Denpasar. "Mereka sekarang sedang bekerja, dalam dua minggu ke depan akan kembali memberikan laporan," kata Pontas.

Hingga kini kantor pajak memang belum menetapkan berapa besar dugaan kerugian negara yang terjadi akibat penghindaran pajak oleh TDG. Pontas memperkirakan tim akan selesai menghitung berapa besar kerugian negara yang timbul, dalam sebulan ke depan.

Kelompok usaha ini adalah pemilik jaringan ritel Tiara, dan merupakan jaringan peritel terbesar di Pulau Dewata. Seorang sumber di Direktorat Jenderal Pajak menyatakan bahwa nilai penggelapan pajak dari lima perusahaan yang bernaung di TDG bisa mencapai Rp 30 miliar. Adapun lima perusahaan yang bernaung di TDG adalah Tiara Dewata (TD), Tiara Grosir (TG), Tiara Kuta Galeria (TKG), TiaraMonang Maning (TMM) dan Tiara Gatzu. (TGz).

Total nilai penggelapan pajaknya itu merupakan akumulasi penggelapan pajak pada 2005-2006. Tjiptardjo mengatakan, modus yang mereka lakukan adalah menyiutkan nilai omzet perusahaan, dan pembukuan ganda alias double accounting. Dengan begitu, pajak penghasilan (PPh) maupun pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi lebih kecil.

Tjiptardjo sebelumnya menyatakan omzet yang dilaporkan cuma sekitar 30%-35% dari nilai sebenarnya (KONTAN, 11 April 2008). Hingga berita ini naik cetak KONTAN belum berhasil mendapat tanggapan dari TDG. Manajer TGD Benetikta Talim belum mengangkat telepon maupun membalas pesan pendek KONTAN.

Tak mungkin mundur

Pontas menegaskan, kasus yang sudah masuk ke tahap penyidikan ini tidak mungkin mundur lagi, meskipun Wajib Pajak menawarkan perdamaian. Untuk menghentikan sebuah kasus perpajakan yang sudah masuk tahap penyidikan harus ada persetujuan dari Menteri Keuangan dan Kejaksaan Agung. "Sesuai dengan Pasal 44B UU No 28 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, WP bisa membayar denda, tapi nilainya lima kali lipat dari kekurangan pembayaran pajak mereka," tambah Pontas.

Yang menarik, aparat pajak tak hanya memburu kelompok usaha di Bali. Aparat pajak juga berencana memburu perusahaan-perusahaan besar yang ada di daerah lain. "Tunggu saja," kata Tjiptardjo. Kalaupun sekarang baru merambah Bali, Tjiptardjo bilang, lantaran aparat pajak sudah meneropong TDG sejak 2007. Lalu pemeriksa pajak juga telah mengumpulkan segudang barang bukti berupa faktur, dan jurnal transaksi.

Untuk ukuran nasional penggelapan pajak di Bali ini memang kecil. Tapi temuan ini merupakan penggelapan pajak terbesar di Bali. Maklum, total setoran pajak dari Bali pada triwulan I 2008 hanya Rp 2,9 triliun.

Aparat pajak akhir-akhir ini memang tambah galak, karena target setoran ke kas negara naik terus. Untuk itu, pajak mulai mengumpulkan 150 wajib pajak terbesar di masing-masing kantor pelayanan pajak (KPP). Selanjutnya pemeriksa pajak meneliti dengan lebih serius tiap surat pemberitahuan tahunan (SPT) mereka. Apakah mereka telah melaporkan kewajiban pajaknya sesuai dengan dengan keadaan sesungguhnya, atau malah menguranginya.

Martina Prianti, Syamsul A., Sanny Cicilia Simbolon

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantab htaraja!!!
saya berharap blog ini akan menambah wawasan & pengetahuan saya seputar dunia penyidikan, penting untuk dilanjutkan!!!.
Btw, saya ada beberapa pertanyaan/masukan:
1. apakah blog ini adalah blog resmi dari DJP (ada semacam SK-nya?) mengingat adanya logo DJP di atas.
2. sebaiknya pada halaman muka dibuatkan ucapan selamat datang ato penjelasan tentang blog ini
regards
Ronny

htaraja mengatakan...

terimakasih bung rony.. ini bukan blog resmi djp. ini hanya semacam forum diskusi dan pembelajaran kepada masyarakat. masalah penyidikan pajak merupakan hal lama yang cenderung aktivitasnya meningkat belakangan ini. masyarakat sebaiknya juga perlu tahu sedangkan logo itu hanya menunjukkan kita mendiskusikan masalah penyidikan yang dilakukan ditjen pajak, bukan kepolisian atau kejaksaan. saat ini saya masih mencoba nerapikan rumahnya dulu sebelum memposting materi materi yang lebih spesifik penyidikan dan penyelidikan.

Unknown mengatakan...

pak bs mnta ptunjuk tentang kasus pajak apa sj sih yg proses hkumnya smpai ke penuntutan, pembuktian di pengadilan dan bahkan keputusan yg di jtuhkan kepada wp tersebut...
sekian dan terima kasih...klw bs di krim ke email aja pak..
ceritaindahku@gmail.com

ibukumaladimalaysia mengatakan...

IBU KUMALA DI BRUNEI SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI DARMO,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN AKI DARMO KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN DI KAMPUNG-KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI AKI DARMO DI 082310142255 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS-ATAU KTIK- http://penyairtogel.blogspot.com

Anonim mengatakan...

ibu kumala katanya dari malaysia, tapi dipostingannya dari brunei. belajar geografi lagi bu, biar usahanya makin lancar.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar